Buy Now

September 22, 2017

Jangan Khawatir dengan Jomblo

Jomblo, maksudnya bujang, adalah laki-laki dan perempua dewasa yang belum menikah. Dan kebanyakan orang mencemaskan hal ini, termasuk si penulis ini. 

Kurang ganteng, duit dikit, penampilan acak-acakan merupakan masalah yang sering dianggap serius oleh kalangan laki-laki. Tidak bertampang perempuan korea, banyak pilih-pilih akibat tingginya gengsi merupakan permasalahan yang selalu menghantui perempuan. Maaf kalo salah :v


Pict Google

Jadi tidak heran, kebanyakan orang bujang karena memiliki taraf minium yang tinggi, kalo laki-laki, minimal si wanita itu bertampang artis, dan bagi si wanita, minimal si laki-laki tuh dewasa dan punya pajero. *Lagi-lagi maaf kalo salah hehe

Intinya, fitrah kita sebagai manusia tidak akan bisa kita padamkan. Laki-laki tentulah akan menyukai perempuan, dan juga sebaliknya. Hanya mereka yang 'rusak' yang tidak masuk rumus ini.

Untuk menghibur diri kita yang jomblo (bujang), ingatlah firman Alla SWT:

وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا

Dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan. (An-Naba: 8)

Mari kita lihat tafsirannya.

Dalam kitab Tafsir Al-Azhar buah karya Bua Hamka, menjelaskan bahwa ayat ini menunjukan berpasang-pasangan, yaitu berjantan berbetina, berlaki-laki berperempuan, berpositif bernegatif, dengan demikian itulah Allah menciptakan alam ini seluruhnya. Ada berlangit berbumi, ada berawal berakhir, ada berlahir berbatin, ada berdunia berakhirat dan seterusnya. Maka dengan demikianlah Allah Yang Maha Tunggal menciptakan seluruh yang maujud dalam alam ini berpasang-pasangan. Yang berdiri sendiri hanya Allah!

Trus gimana dengan orang yang sewaktu hidup di dunia dia lebih dulu bertemu dengan maut ketimbang jodohnya?

Dalam sebuah hadis dikatakan: 

مَا فِي الْجَنَّةِ أَعْزَبٌ 

Tidak ada seorangpun bujangan dalam surga. (H.R: Muslim)

Kita sering mendengar, kelak di surga telah Allah janjikan para bidadari cantik yang disiapkan untuk para lelaki. Lantas perempuan mendapatkan apa? Bidadara?

Para ulama menjelaskan bahwa nanti Allah akan memasangkan mereka yang belum menikah di dunia, akibat bertemu lebih dulu dengan mautnya, berpisah dengan istrinya lalu belum menikah sampai meninggal dan seseorang yang masuk surga namun istrinya tidak. Dan ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki, melainkn perempuan juga demikian.

Firman Allah SWT:

وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنْفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنْتُمْ فِيهَا خَالِدُونَ 

Dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kalian kekal di dalamnya. (Az-Zukhruf: 71)

Sekali lagi, jangan khawatir dengan jomblo. Karena di surgaNya tidak ada seorangpun yang jomblo alias bujang.

Allohumma Inna Nas Aluka Ridhoka wal jannah, Wa Naudzubika Min Sakhotika wannar

(Ya Allah sesungguhnya kami minta kepada Engkau ridhoMu dan SyurgaMu serta kami berlindung dari Neraka Engkau ya Allah)

Berikut adalah desain sederhana ala gue:


*Bilang aja, elo lagi menghibur diri dengan tulisan ini karena jomblo :v (kata temen gue).

Al Faqih

Twitter: @faqih_abduh


Instagram: @faqihabduh

Facebook: /faqihabduh

4 komentar

Haha mantap gan artikelnya semua udah d tentuin berpasang2an ap yg d tkutkan dri jomblo😂

jomblo artinya belm dpt pasangan yg terbaik gan semamngat untuk mencarinya

Saya masih jomblo belum pernah sekali pacaran, woles woles aja. Soalnya kaya kagak semangat gitu yang namanya pacaran 😀


EmoticonEmoticon